Rabu, 30 November 2011

fisika kesehatan/kedokteran/keperawatan/kebidanan/panas/kalor/termodinamika


Termodinamika berasal dari dua kata yaitu thermal (yang berkenaan dengan panas) dan dinamika (yang berkenaan dengan pergerakan).  Jadi termodinamika adalah ilmu mengenai fenomena-fenomena tentang energi yang berubah-ubah karena pengaliran panas dan usaha yang dilakukan. 
Misalnya suatu benda dinaikan suhunya maka timbul pemuaian atau penyusutan; pada termo elemen akan membangitkan gaya gerak listrik.  Pada proses ini terdapat suatu pemindahan panas dan juga bekerja sesuatu gaya yang mengalami perpindahan yang mengakibatkan terlaksananya suatu usaha.
Dengan demikian thermodinamika merupakan akar dari beberapa cabang ilmu fisika.  Dalam mempelajari thermodinamika bukan hanya fenomena suhu tetapi juga tuntunan logika, sifat-sifat gas, larutan zat padat dan reaksi kimia.

THERMOMETRIK
Macam-macam Termometer :
a.       Termometer air raksa/alkohol
b.      Termometer tahanan (termistor termometer)
c.       Termometer elemen (termocouple)
d.      Termometer optik
e.       Termometer gas yang bervolume tetap
HUKUM TERMODINAMIKA
Dalam mempelajari termodinamika ini dikenal ada 4 hukum termodinamika yaitu :
a.         Hukum ke nol termodinamika (oleh R.H. Fowler)
b.        Hukum pertama termodinamika
c.         Hukum kedua termodinamika
d.        Hukum ketiga termodinamika
Pada pembahasan ini akan lebih mudah bila menggunakan matematika tetapi sering terasa sulit untuk dimengerti.  Oleh karena banyak hal diperlukan imaginasi an banyak kaitan dengan zat-zat.  Oleh karena itu dalam pembahasan dipakai gas sebagai contoh; oleh karena gas mempunyai sifat sederhana.

2 komentar:

  1. Dalam kehidupan dimanapun kita berada pasti membutuhkan rumusan kehidupan. itu sudah kodrat YME menciptakan makhluknya. pusaka plus merupakan tempat belajar dan perantara solusi dalam mengatasi prosedur hidup yang dinamis.

    BalasHapus

Entri Populer